Selayardotcom

Selayar dotcom adalah komunitas warga Selayar di dunia maya. Mereka dipertemukan oleh sebuah tool yang bernama Teknologi Informasi. Dengan anggota yang sampai saat ini tercatat sekitar 100 orang yang selalu bertambah setiap saat, tersebar dari Papua Hingga Sumatera, bahkan di manca negara.

Bermula dari keisengan seorang warga Selayar di perantauan, tahun 2002, website selayar.org (dulu memakai domain selayar.com) pun beroperasi, yang awalnya masih terhosting di server pribadi yang ada di kediaman sang perantau. Namun tidak berkepanjangan. Isinya hampir tidak pernah berhubungan dengan selayar.

Sekitar tahun 2003, dibuatlah milis silajara yang kemudian menjadi cikal bakal komunitas selayar dotcom. Anggota saat itu masih dalam dalam bilangan 1 digit. Kemudian, website selayar.org kembali dioperasikan, walau tulisan yang berhubungan dengan Selayar masih tetap sangat terbatas. Milis menjadi ajang berdiskusi, khususnya yang berhubungan dengan Selayar, dan website selayar.org menjadi wadah mengabadikan ide lewat tulisan, dan berlangsung hingga saat ini.

Dikomandoi oleh Daeng Marowa, yang dalam komunitas sering disapa AF, komunitas Selayar dotcom terus berkembang. Ada Syahruddin Faqih, orang minyak yang jarang bisa berdiam lama di suatu tempat, melanglang buana ke seluruh penjuru dunia. Sudirman, warga Selayar berkediaman di Batam, dengan semangat yang selalu berkobar ingin berbuat sesuatu yang berguna bagi daerah Selayar khususnya. Pun ada Andi Nizar, seorang putra daerah yang sedang bertugas di jajaran atas kepolisian Bandar Lampung. Dari mahasiswa hingga pejabat. Dari yang sementara mencari pekerjaan hingga seorang direktur. Dari ahli mesin, komputer, manajemen, hingga minyak dan lain-lainnya, semua menjadi satu di bawah wadah komunitas Selayar Dotcom.

Berbagai warga Selayar di seluruh penjuru dengan latar belakang usia, kelamin, pekerjaan, kampung yang berbeda-beda, menyatu dalam satu wadah, komunitas selayar dotcom. Ber-slogan-kan, Berkaolisi membangun ukhuwah, komunitas selayar dotcom akan berkembang terus tanpa mau dibatasi oleh jarak, golongan, dan strata sosial. Semua punya sesuatu yang bisa di-share, untuk kemaslahatan sesama, khususnya daerah tercinta, Selayar.

Kegiatan selama ini memang belum ada yang menonjol yang berbentuk ril, selain ajang kumpul bersama bersilaturrahim demi mempererat hubungan persaudaraan. Kalaupupun ada yang menonjol, masih sebatas diskusi-diskusi di dunia maya. Dan dari situ banyak sekali ide yang muncul, walau berhubungan berbagai kendala, kadang masih sulit untuk direalisasikan secara ril.

Siapa saja yang bisa menjadi warga komunitas ini, tidak ada batasan sama sekali, selain punya keterikatan bathin dengan Selayar. Siapapun bisa mendaftar menjadi anggota, karena sampai saat ini belum ada persyaratan khusus termasuk kewajiban-kewajiban yang kongkrit terhadap komunitas. Paling kalau ada, hanya yang bersifat umum, menjaga komunitas ini.

Silakan bergabung!